7 BAHAN CETAK SABLON YANG PERLU DIKETAHUI

Cetak sablon sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Hal ini tidak lain karena ada banyak tukang sablon yang siap diajak kerja sama. Baik dari kota kecil atau kota besar lainnya. Banyaknya tukang sablon ini pun juga sedikit membuat konsumen merasa kebingungan harus memilih yang mana. Sebab hampir semua tukang sablon ini bisa memberikan penawaran harga murah. Untuk konsumen yang baru pertama kali melakukan pemesanan tentu akan sangat tertarik dengan penawaran harga murah ini. Karena dengan begitu konsumen tidak perlu mengeluarkan anggaran terlalu banyak. Namun untuk konsumen yang sudah pernah melakukan pemesanan sebelumnya tentu tidak akan mudah terpengaruh begitu saja. Karena biasanya konsumen tersebut sudah memiliki tukang sablon yang berpengalaman dan terpercaya untuk diajak kerja sama. Bahkan bisa memberikan hasil dan harga terbaik tentunya.

7 Jenis Bahan Cetak Sablon Yang Harus Diketahui

Tentunya semua orang yang melakukan pemesanan sablon kaos pastinya ingin mendapatkan hasil cetak desain menarik dan berkualitas. Namun untuk mendapatkannya harus mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu. Apalagi dalam proses cetak sablon sendiri tentunya membutuhkan berbagai jenis bahan untuk mempermudah. Dan berikut ini beberapa jenis bahan sablon yang perlu diketahui dengan baik.

  1. Emulsi

Bahan ini dipakai untuk menutup screen. Dimana emulsi ini terdiri dari dua bahan yang dicampur dan dioles ke screen.

  1. Rubber

Untuk bahan cetak sablon rubber ini ada dua jenis, yakni rubber putih dan rubber warna. Perlu diketahui dengan baik bahwa jangan sampai mencampur rubber putih dengan tinta warna. Karena hasil warnanya tidak sesuai dengan yang diinginkan nantinya. Biasanya untuk rubber warna ini memiliki warna sedikit lebih kuning.

  1. Minyak sayur

Biasanya jenis bahan ini digunakan untuk mengoles kertas film supaya bagian kertas yang tidak tergambar tembus ketika terkena sinar matahari.

  1. Tinta

Sedangkan untuk tinta ini alah dicampur dengan cetak sablon rubber. Untuk warna rubber ini terbatas pada warna-warna dasar. Sehingga ketika ingin mendapatkan variasi warna harus meracik sendiri tentunya.

  1. Penguat screen

Jenis bahan cetak sablon ini dipakai untuk menambah kekuatan emulsi pada screen jika film sudah benar-benar jadi. Sehingga nantinya tidak akan mudah rontok.

  1. Top coat

Dimana bahan cetak sablon ini dipakai untuk menambah kekuatan dari hasil sablon pada kain. Dengan begitu hasil sablon nantinya tidak mudah pecah-pecah dan rontok. Juga top cat ini dipakai untuk membuat hasil sablon menjadi lebih mengkilap tentunya.

  1. Binder

Dan jenis bahan cetak sablon yang satu ini digunakan untuk memperkuat campuran tinta dan rubber.

Nah itulah beberapa jenis bahan cetak sablon yang perlu anda ketahui dengan baik terlebih dahulu. Dan untuk anda yang ingin melakukan pemesanan sablon pakaian. Maka harus memastikan dengan baik beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya adalah memastikan pemilihan bahan yang akan digunakan untuk produksi. Sebab tidak semua jenis bahan yang digunakan membuat pakaian bisa di sablon. Kemudian dari segi tinta yang akan digunakan untuk mencetak desain pun harus diperhatikan dengan baik. Sebab ada jenis tinta sablon yang harganya terjangkau dan mahal. Oleh sebab itulah sangat penting bagi anda untuk memilih tinta sablon terbaik dan sesuai kebutuhan pemakaian. Juga pastikan dengan baik desain yang dibuat tidak terlalu rumit.